Mobile Menu

navigasi

More News

Analisis Produksi Dan Pendapatan Tambak Udang Windu Pada Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya

Maret 21, 2022

Analisis Produksi Dan Pendapatan Tambak Udang Windu Di Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya

Salsabila Salsabila, Indra Indra, Zulkarnain ZulkarnainAbstract

Kabupaten Aceh Jaya berakibat bisnis budidaya udang windu menjadi galat satu komoditas perikanan unggulan. Budidaya udang windu di wilayah ini cukup menjanjikan didukung dengan tersedianya huma tambak. Namun produksinya masih sangat minibila di bandingkan dengan Kabupaten lainnya di Aceh Sehingga harus lebih ditingkatkan lagi mengingat  potensi pengembangan tambak udang di Aceh jaya masih sanggat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk  mengetahui  tingkat produksi tambak udang windu dan faktor apa saja yang mensugesti produksi tambak udang windu di Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya dan buat mengetahui apakah budidaya tambak udang windu pada Kecamatan Jaya Kabupaten Aceh Jaya telah membuat pendapatan yg layak. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode sensus & pengambilan sampel dilakukan secara purposive. Penelitian ini menggunakan metode analisis fungsi Cobb-Douglass dan analisis pendapatan. Hasil penelitian menampakan luas tambak, jumlah benur, energi kerja dan pupuk berpengaru nyata terhadap produksi. Sedangkan jumlah pakan & obat-obatan tidak berpengaruh nyata terhdapa jumlah produksi udang windu pada Kecamatan Jaya. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa besarnya pendapatan berdasarkan bisnis udang windu merupakan Rp. 54.867.043,-/panen. Dan nilai R/C = 2,87 yg ialah usaha tambak udang pada Kabupaten Aceh Jaya Kecamatan Jaya layak & menguntungkan buat di sebaiknya sang petani tambak.Keywords

tambak, udang windu, aceh jaya ; ponds, tiger shrimp, aceh jaya.References

BPS. 2017. Aceh Jaya pada Angka. Badan Pusat Statistik Provinsi Aceh. Banda Aceh.

Diatin, I., S. Arifiantyd an N. Farmayanti. 2008. Optimalisasi Input Produksi dalam Kegiatan Budidaya Udang Vanname (Litopenaeusvannamei): StudiKasus dalam UD Jasa Hasil Diri pada Desa Lamaran Tarung Kecamatan Cantigi Kabupaten Indramayu. Jurnal beasiswa Akuakultur Indonesia, 7(1): 39-49 (2008)

DPK. 2017. Produski Perikanan Budidaya Tambak Menurut Jenis Ikan & Udang Kabupaten/Kota. Dinas Kelautan & Perikanan Aceh. Banda Aceh.

Jummaini, 2008. Analisis Faktor-Faktor Yang Memepengaruhi Tingkat Pendapatan Nelayan Dan Petani Tambak Di Kabupaten Aceh Utara. Tesis, Sekolah Pasca Sarjana Universitas Sumatera Utara, Medan.

Kartasapoetra.1984. Pengantar Produksi Pertanian. PT. Nina Aksara, Jakarta.

Kementrian Kelautan & Perikanan Indonesia. 2005. Statistik Kelautan & Perikanan tahun 2005. Jakarta.

Kementrian Perdagangan Indonesia. 2013. Statistik Perdagangan tahun 2013. Jakarta.

Martono dan Harjito. 2008. Manajemen Keuangan..Edisi Pertama Cetakan Ketujuh. Yogyakarta :Universitas Islam Indonesia.

Mujiman A dan Suyanto, R. S. 2005. Budidaya Udang Windu. PT Penebar Swadaya. Jakarta

Muzaki A. 2004. Produksi udang vanamei (Litopenaeus vannamaei) dalam ketika penebaran tidak sinkron ditambak biocrete. Fakultas Pertanian & Ilmu Kelautan, Institud Pertanian Bogor.

Soekarwati. 2002. Agribisnis Teori & Aplikasinya. Raja Grafindo Persada, Jakarta.

Soekarwati. 2006. Analisis Usahatani. UI-Press, Jakarta.

Sudjana. 2002. Metode Statistika. Tarsito. Bandung.

Tim Penulis Penebar Swadaya. 2008. Agribisnis Perikanana. Penebar Swadaya. Jakarta.

Yuni Kristina. 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Produksi dan Pendapatan Budidaya Tambak Udang Vaname di Indexing tiga, Kopelma Darussalam,Banda Aceh, 23111, Indonesia.Email:jimfp@unsyiah.ac.id

Komentar 0
Sembunyikan Komentar

0 σχόλια:

Posting Komentar